Cara Agar Baut dan Mur Mudah Dilepas

baut-karat

Dalam dunia mesin dan konstruksi, banyak hal yang melibatkan pekerjaan mur dan baut. Mur dan baut adalah kedua benda yang sangat penting untuk mengencangkan dan mengikat satu benda ke benda yang lain agar dapat membuat suatu rakitan yang berguna bagi kegiatan manusia.

Kegunaan mur dan baut dalam kehidupan sehari-hari juga dipakai dalam kendaraan yang saat ini merupakan alat penting yang dapat mengantar kita pergi kemanapun kita mau.  Mur dan baut mungkin merupakan benda yang kecil, namun manfaatnya tentu tidak sekecil bentuknya.

Baut merupakan sebuah tabung atau batang yang memiliki ulir atau yang biasa disebut heliks pada bagian batangnya, kadang kala baut juga diartikan sebagai bidang miring pembungkus suatu barang. Sedangkan mur dapat mengunci baut yang telah dipasang ke dalam objek sehingga objek tersebut tidak bergerak-gerak lagi.

Mur dapat dibuat dari baja lunak atau untuk beberapa kasus dibuat dari beberapa jenis logam atau dari perpaduan logam-logam tersebut. Selain sebagai pengikat, kegunaan mur dan baut dipakai sebagai pesawat sederhana yang dapat membuat torsi berubah menjadi gaya linear.

Kegunaan mur dan baut yang paling sering dilihat ada dalam industri kendaraan. Spare parts kendaraan yang terpisah-pisah akan membutuhkan banyak jenis mur dan baut untuk menyatukannya. Bagian heliks pada badan baut tadi difungsikan untuk mengencangkan mur.

Pada beberapa baut menggunakan washer yang berbentuk spiral untuk meningkatkan kekuatan menempel baut pada benda yang dibutuhkan. Mur dan baut memiliki jenis-jenis tertentu yang memainkan fungsi yang berbeda-beda untuk setiap jenisnya.

Secara singkat, jenis-jenis baut yang sering digunakan adalah baut segi empat, baut kayu, baut hexagonal, baut flange, baut shoulder, dan baut lag. Sementara untuk tipe mur yaitu mur square nut, mur lock nut, mur castellated nut, mur heksagonal nut, mur lock nut.

Jadi, dapat disimpulkan jika mur dan baut dapat digunakan untuk banyak hal. Nah, jika mur dan baut berfungsi sebagai pengikat benda-benda, ada baiknya jika baut dan mur juga bisa dilepas lagi untuk beberapa alasan, namun kadang kala mur dan baut yang anda pilih susah dibuka.

Ada yang karena karatan, dan ada juga yag karena salah ukuran. Anda tentu tak ingin mengalami hal semacam itu bukan? Kegunaan mur dan baut yang tadinya membantu kehidupan manusia malah jadi menyusahkan karena setelah dipasang susah dibuka lagi.

Beberapa Tips Agar Mur dan Baut Mudah Dilepas

  1. Pada beberapa alasan mur dan baut yang berkarat tentu akan susah dibuka kembali. Jadi, apabila sudah terdapat karat, artinya anda harus segera mengganti baut dan mur tersebut.  Jika susah dilepaskan, anda bisa mengolesi gemuk atau grease pada ulir baut.
  2. Jangan mengencangkan baut dan mur berlebihan. Baut yang terlalu kencang jadi susah untuk dibuka kembali. Dan yang lebih parah, ulir baut bisa rusak. Kalau sudah begitu akan semakin parah.
  3. Pilih ukuran mur yang sesuai dengan baut. Ini adalah tips yang paling penting. Jika ukuran mur sebagai pengencang baut tidak sesuai malah bisa membuat baut susah dibuka.

Tips terpenting yang lainnya adalah memilliki ukuran mur dan baut yang sesuai pada lubang benda yang dituju. Jika terlalu dipaksakan seperti misalnya baut terlalu besar malah dapat membuat lubang benda menjadi tergerus dan rusak. Demikian informasi tentang cara agar baut dan mur mudah dilepas, semoga bermanfaat untuk Anda.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *