Fungsi Baut dan Mur Menurut Tipenya

Slider 18

Baut merupakan suatu suku cadang yang biasa digunakan untuk kendaraan bermotor. Baut umumnya digunakan secara bersama dengan mur yang menempatkan celah pada lubang mur, yang dimana fungsi baut & mur ini merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan karena tidak dapat berfungsi jika tidak disatukan.

Untuk mengurangi adanya efek gesekan di selang kedua kepala baut bersama dengan objek kerja bisa ditambahkan dengan ring di selang kedua kepala baut denan permukaan disekitar objek. Untuk ring yang  berbentuk spiral bisa difungsikan pada baut agar bisa mencegah adanya kekuatan sambungan yang berkurang yang diakibatkan karena adanya baut yang kendor akibat dari suatu getaran.

Konstruksi pada baut terdiri dari batang byang memiliki bentuk silinder dan memiliki kepala yang ada pada bagian ujungnya, dan ada alur sepanjang batang silinder itu. Dan baut diciptakan dari baja lunak dan kuningan, akan tetapi dalam beberapa keperluan khusus bisa dibuat dari elemen seperti logam.

Berikut ini Merupakan Fungsi Baut dan Mur Menurut Tipenya :

Carriage Bolt

Carriage bolts yang juga bisa disebut dengan plow bolts. Baut ini biasa digunakan untuk kayu. Untuk bagian kepala pada carriage bolts memiliki bentuk seperti kubah dan untuk bagian leher pada baut memiliki bentuk empat persegi. Ketika baut dikencangkan, maka konstruksi leher pada baut yang memiliki bentuk empat persegi mampu menekan masuk baut ke bagian dalam kayu yang akan menghasilkan suatu ikatan yang begitu kuat.

Flange Bolt

Dan baut yang kedua dalam fungsi baut & mur ini yaitu Flange bolts, adalah suatu jenis baut dimana sektor bawah pada kepala bautnya memiliki bubungan atau flens. Dan Flens yang berada di sektor bawah pada kepala baut dirancang khusus untuk memberikan energi pada baut sama halnya jika menggunakan ring. Dengan segala kelebihan yang ada maka untuk menggunakan flange bolts dapat memudahkan dan mempercepat selesainya suatu pekerjaan.

Hex Bolt

Hex bolt juga merupakan baut paling umum yang biasa digunakan pada sebuah konstruksi atau bangunan. Ciri biasa dari baut hex bolts yaitu ada di bagian head baut memiliki bentuk segi enam.
Dan Hex bolts ini didesai dari banyak macam bahan, yang mana setiap bahan tersebut memiliki karakteristik dan juga kemampuan yang tidak sama.

Dan dalam melakukan hal terbaik yang bisa dilakukan untuk memilih baut hex bolts yaitu dengan memilih hex bolts dari bahan yang disesuaikan dengan kebutuhan bangunan atau konstruksi. Dan sederet bahan umumnya bisa digunakan pada hex bolts tersebut antara lain : stainless steel, allot, steel, carbon steel yang telah disepuh menggunakan cadmium untuk mencegah karatan.

Mur biasanya  dibuat dari material baja lunak, dan walaupun digunakan pada hal khusus tetapi juga bisa digunakan untuk beberapa logam ataupun untuk logam yang lainnya.

Dan jenis dan manfaat mur dari fungsi baut & mur ini adalah sebagai berikut  :

  • Mur bentuk segi enam biasa digunakan pada industri
  • Mur bentuk persegi empat biasa digunakan pada perusahaan berat dan juga untuk penggunaan body pada sebuah kendaraan seperti kereta maupun
  • Mur untuk pengunci (lock nut), adalah suatu mur yang memiliki ukuran lebih tipis dibandingkankan mur biasa. Mur pengunci umumnya dipasangkan dengan mur utama dan memiliki kegunaan untuk mengunci.

Demikian fungsi baut & mur sesuai tipenya yang bisa menambah informasi mengenai manfaat dari mur dan juga baut. Sesuaikan segala jenis baut & mur dengan kebutuhan alat Anda baik transportasi maupun kebutuhan pada alat lainnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *