Macam-Macam Baut

macam-macam baut

Baut biasa digunakan sebagai untuk barang kendaraan bermotor. Pada kendaraan bermotor banyak sekali terdapat komponen yg dibuat dengan terpisah, dan kemudian disatukan kembali dengan menggunakan baut dan mur agar memudahkan untuk melakukan divestasi pada saat diperlukan, seperti untuk menjalankan pekerjaan perbaikan ataupun penggantian komponen.

Baut biasanya digunakan berpasangan dengan mur, bagian batang baut berulir difungsikan untuk menempatkan baut pada celah lubang mur dan konstruksi, baut sendiri terdiri dari batang yang berbentuk silinder dan memiliki kepala pada satu ujungnya, dan juga terdapat alur pada sepanjang batang silinder itu.

Untuk baut sendiri terbuat dari bahan berupa baja yang lunak, baja variasi, dan juga baja tahan karat maupun kuningan. Dapat juga baut terbuat dari bahan berupa logam ataupun variasi logam lainnya untuk keperluan khusus.

Berikut ini merupakan macam-macam baut yang bisa Anda simak :

Baut Biasa

baut biasa

Baut model ini banyak ditemukan diberbagai tempat selain harganya yang murah juga menjadikan baut model ini paling banyak di aplikasi. Warna kuning pada material merupakan dari besi biasa yang telah disepuh, sehingga secara otomatis agak kurang untuk menahan karat.

Baut ini memiliki bentuk kepala yang bermacam-macam. Dan yang paling banyak ditemui berupa segi enam biasa, atau juga topi pada kepala baut baut, ada juga yang menggunakan obeng min atau kembang untuk aplikasinya. Beragam perbedaan ini disesuaikan dengan penempatannya. Sebab baut ini terbuat dari besi biasa, sehingga membuat baut ini harus selalu diperiksa dalam jangka lama.

Baut Bumper

baut-bumper

Macam-macam baut yang kedua yaitu baut bumper. Untuk bentuknya sama halnya dengan baut biasa, hanya saja pada kepalanya berbentuk seperti jamur. Untuk ukuran tidaklah terlalu besar, mulai dari 6 mm sampai 14 mm. Untuk materialnya terbuat dari stainless supaya tahan lama. Dan pada bagian lehernya, ada berupa segi empat yang merupakan sebuah pengunci. Sehingga mur ber fungsi untuk mengencangkan baut tersebut

Baut L

baut-l

Untuk macam -macam baut yang selanjutnya merupakan favorit banyak orang sebab bentuknya yang sederhana namun rapi. Tidak itu saja baut ini memiliki fungsi untuk meningkatkan kenyamanan pada tunggangan. Banyak dipakai untuk bagian bodi kendaraan dan juga aksesori, khususnya mobil jeep. Dan umumnya berada pada over fender, untuk aksesori yang dipasang sampai engsel pintu.

Memanfaatkan baja untuk bahan dasar, dan untuk daya tahanya menjadi suatu kelebihan karena tahan akan karat. Dan sesuai dengan namanya, untuk memggunakan baut ini maka harus menggunakan kunci L. Dan selain itu, keuntungan dalam menggunakan kunci L, untuk mencegah tangan jahil yang bermunculan.

Baut Orisinal

baut-orisinal

Dinamakan seperti itu sebab sudah terpasang pada macam-macam baut pabrikan. Untuk materialnya terbuat dari baja putih yang anti karat. Dan tidak itu saja, juga terdapat 2 buah ring yang memiliki fungsi untuk menjaga kekencangan kendaraan. Untuk ukurannya sendiri bervariasi dan menyesuaikan pada masing-masing pabrik.

Baut ini biasa terdapat pada beberapa bagian mesin yang tiding sering dibongkar pasang, Tampak dari fisiknya, kualitas dan bahannnya lebih halus dari baut pada umumnya, sehingga menjadikan baut ini menjadi baut yang paling banyak dincar.

Demikian macam-macam baut yang telah diberikan, semoga dengan adanya artikel ini memberikan Anda informasi tentang seputar baut dan juga membuat Anda memahami untuk menggunakan baut sesuai dengan kebutuhan kendaraan Anda. Semoga bermanfaat

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *