Tips Membuka Mur dan Baut Berkarat

cara melepas atau membuka mur baut berkarat

Mur dan baut tentu sudah tidak asing lagi terutama di bidang mesin dan konstruksi. Kedua benda ini sangat penting guna mengencangkan serta mengikat sebuah benda ke benda lain agar bisa membuat rakitan yang dapat membantu segala kegiatan manusia.

Kegunaan mur dan baut saat ini dibuktikan dengan adanya alat-alat atau mesin yang sering kita gunakan dan kendaraan yang dapat mengantar kemana saja tujuan kita. Mur dan baut memang benda yang kecil, akan tetapi manfaat yang ditimbulkannya cukup besar.

Baut, alat yang berbentuk tabung atau batang dengan tambahan ulir atau bisa juga disebut heliks ini bisa diartikan sebagai bidang miring untuk membungkus barang. Sementara mur yang diibaratkan pasangan baut ini bisa dipasang ke baut agar objek-objek yang ingin dikunci tidak bergerak lagi.

Mur bisa dibuat dengan bermacam-macam bahan. Akan tetapi yang paling sering digunakan adalah baja lunak. Pada beberapa kasus, jenis-jenis logam yang ada dipadukan untuk membuat mur. Ada juga kegunaan mur dan baut yang lain, yakni untuk membuat pesawat sederhana yang mampu mengubah torsi menjadi gaya linear.

Kegunaan mur dan baut lainnya adalah di bidang industri kendaraan. Spare parts dalam kendaraan butuh untuk dirakit dan disambung. Dan karena itulah dibutuhkan banyak mur dan baut agar bagian-bagian bisa disatukan. Seperti yang sudah disebutkan tadi bahwa di dalam baut terdapat heliks, heliks ini berguna untuk mengencangkan mur. Beberapa baut sengaja menggunakan washer dengan bentuk spiral agar kekuatan menempel pada benda yang dibutuhkan meningkat.

Mur dan baut memiliki banyak jenis dan setiap jenis memerankan fungsi yang berbeda-beda. Jenis baut yang sering digunakan adalah baut segi empat, baut kayu, baut hexagonal, baut flange, baut shoulder, dan baut lag. Sedangkan jenis mur yang banyak digunakan orang adalah mur square nut, mur lock nut, mur castellated nut, mur heksagonal nut, mur lock nut.

Nah, setelah mengetahui sekilas mengenai kegunaan mur dan baut, berikutnya kita akan membahas tips mengenai mur dan baut yang karatan. Apabila mur dan baut sudah karatan apa yang harus anda lakukan? Jika butuh diganti, itu tentu tak semudah itu karena mur dan baut yang sudah terpasang akan sulit dilepas kembali jika sudah berkarat. Lalu bagaimana tips melepas kembali mur dan baut yang sudah berkarat?

Berikut Tips Melepas Mur Baut yang Susah Dilepas (Berkarat)

  1. Hal yang pertama adalah membuka mur baut dengan memukul kepala baut dengan ringan. Ini untuk merontokkan karat yang menempel di kepala atau badan baut sehingga akan mempermudah memutar baut dengan kunci.
  2. Selain dengan dipukul, anda juga bisa membersihkan karat dengan cairan khusus pembersih karat. Caranya adalah dengan menyemprotkan cairan dan membiarkannya beberapa saat agar masuk ke dalam ulir.
  3. Membuka mur dan baut berkarat harus menggunakan kunci yang sesuai ukuran juga agar mur baut yang sudah berkarat tidak semakin rusak atau malah patah di dalam lubang. Tentu kalau sudah begini urusan jadi makin susah lagi.
  4. Tips selanjutnya untuk membuka baut berkarat adalah dengan memanasi bagian mur dengan tujuan agar terjadi pemuaian pada lubang. Ini juga dilakukan agar karat dibagian ulir baut hancur akibat pemuaian.

Pada beberapa baut dan mur diberikan cairan khusus yang gunanya untuk mengunci mur dan baut pada benda yang diinginkan. Jika mur dan baut ini berkarat, maka anda juga membutuhkan cairan pembuka. Setelah diberi cairan pembuka, baru anda bisa membukanya dengan kunci.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *