Tips Merawat Baut dan Mur Yang Benar

tips merawat baut dan mur yang benar

Jangan pernah Anda menganggap sepele barang berupa mur dan baut, karena seperti halnya komponen pada umumnya, komponen berikut ini juga memiliki fungsi yang sangat penting. Apabila diabaikan, dapat merepotkan untuk service dan juga perbaikannya.

Oleh karenanya, perlu juga mur dan baut untuk diperhatikan, dengan perawatan yang maksimal dan tentunya peralatan yang cukup mendukung.

Dalam merawat baut dan juga mur ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan untuk menjaga tetap awet dan juga ketahanan akan mur dan baut. Berikut ini merupakan tips merawat baut & mur yang perlu Anda perhatikan :

Alat yang Tepat

Tips merawat baut & mur yang pertama yaitu menggunakan kunci pas dan obeng yang benar dan tepat, untuk menghindari terjadinya gugus pada baut atau mur. Banyak orang yang mengabaikan hal seperti ini, seperti contoh : membuka baut yang berkepala positif (+) menggunakan obeng yang memiliki ujung negatif (-). Dengan adanya kejadian seperti ini akan menyebabkan momen puntir atau terjadinya tumpuan kekuatan obeng pada baut yang sangat minim. Apabila dipaksakan entah untuk membuka atau untuk mengencangkan, justru mengakibatkan momen.

Pada kendaraan

Pada kendaraan membutuhkan teknik khusus untuk membukanya. Caranya yaitu dengan terlebih dulu mengecangkan mur atau baut sebelum dikendorkan. Menggunakan cara demikian untuk mendapatkan momen puntir yang bagus pada mur, dan akan memudahkan ketika ingin membukanya.

Semprot dengan Cairan Anti Karat

Tips merawat baut & mur yang selanjutnya yaitu Kerasnya baut atau mur ketika akan dibuka, mungkin juga disebabkan adanya kotoran (korosi) yang menumpuk pada area mur dan baut. Cara mengatasinya yaitu dengan menyiram mur atau baut menggunakan minyak tanah atau berupa cairan penyemprot untuk pemusnah karat.

Lakukan dengan sambil pukul pelan-pelan kepala dan juga as baut menggunakan kunci atau bisa obeng, dengan begitu, maka cairan akan meresap ke sela alur dan diamkan selama beberapa saat, lalu kendorkan mur dan baut secara pelan.

Jika Anda mengalami gugus yang parah, cobalah untuk mengakalinya dengan kunci inggris. Selain itu juga Anda juga bisa menggunakan martil untuk membentuk suatu sudut mur dan baut. Tetapi alangkah baiknya untuk minta mekanik yang melakukannya jika sudah rusak parah.

Jangan Terlewat Kencang

Jangan mengencangkan baut dengan berlebihan. Jika terlewat kencang atau dipaksa untuk kencang akan menyebabkan baut atau mur menjadi aus. Tak hanya itu saja, juga akan menyulitkan ketika akan membukanya kembali. Ada baiknya untuk gunakan kunci momen supaya tingkat pengencangannnya lebih tepat.

Bersihkan Secara Berkala

Seperti komponen pada umumnya, mur atau baut juga memerlukan perawatan lebih. Terutama pada bagian yang tidak begitu penting, misalnya mur fairing. Dan untuk bagian vital pada mesin, biarkan apa adanya. Perawatan bisa dilakukan dengan cukup membersihkannya secara rutin setiap bulan. Untuk caranya cukup mudah yaitu dengan rendam mur dan baut ke dalam minyak tanah.

Ini bertujuan supaya kotoran baut menjadi hilang dan jika terus dibiarkan seperti itu, maka kotoran bisa mengakibatkann korosi atau karatan, jika sudah kering kemudian gunakan oli untuk melumasi semua lapisan logam pada alur didalam mur atau baut. Yang memiliki fungsi untuk menghindari kotoran atau noda yang datang.

Demikian tips merawat mur dan baut diatas. Ada baiknya untuk Anda mulai merawat suku barang yang Anda pergunakan, karena walaupun bentuknya kecil mur dan baut memiliki fungsi yang amat besar dan berguna sbagai alat penopang dan mengencangkan daya berat barang, sehingga sangat penting untuk diperhatikan perawatannya. Semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *